Perjalanan Seorang Renatta Moeloek Hingga Menjadi Celebrity Chef

  • Whatsapp
Chef Putri Renatta R Moeloek. (metropolitan)

GoEkspos.com – Nama Putri Renatta R Moeloek mungkin tidak banyak yang kenal. Tetapi jika disebutkan nama Chef Renatta yang menjadi juri di ajang Masterchef Indonesia, semua pasti mengenalnya. Bungsu kelahiran 17 Maret 1994 dari pasangan Nudie Moeloek dan Radianti Ratnasuminar, dan adik dari Kareyca Moeloek, berkisah tentang pengalamannya meniti karier.
Sebelum menjadi celebrity chef seperti saat ini, Renata mengalami beberapa kejadian seperti terkena luka bakar, hampir bekerja di Selandia Baru, hingga terjun ke kompetisi memasak sebagai juri. Mengutip dari video di kanal YouTube Arnold Poernomo dilansir ‘kompas.com’ yang kemudian dirangkum dari fakta-fakta menarik tentang dirinya.

Chef Renatta mengaku pernah memiliki luka bakar pada beberapa bagian di tubuhnya. Kepada Chef Arnold, Renata mengatakan, luka bakar pada lengan, kaki, dan bagian tubuh di sebelah kanannya itu sudah ada sebelum ia mulai memasuki dunia masak-memasak.

“Iya luka bakar, tapi itu bukan air panas itu api, recovery-nya setahunan. Kejadiannya pas umur 18 tahun, gue belum mulai masak sama sekali, jadi banyak orang mikirnya ‘Oh ada luka bakar ya mungkin dari pekerjaan’, padahal enggak,” kata wanita cantik yang dinilai tegas dan

Saat itu, dia baru mau mendaftarkan diri untuk mengikuti pendidikan kuliner di Paris, Perancis. Namun, dia harus meminta waktu lebih lama lagi untuk memulai pendidikannya hingga luka bakar pada tubuhnya sembuh. Dia harus menjalani perawatan selama dua bulan di rumah sakit dan masa pemulihan selama satu tahun.

Chef Renatta yang menggantikan Chef Marinka sebagai juri di MasterChef Indonesia, merupakan alumnus Le Cordo Bleu Culinary Arts di Prancis dan mendapatkan gelar Diploma Superior Cuisine. Sebelum menjadi chef profesional seperti sekarang ini, sejak kecil ia sudah memiliki ketertarikan dalam bidang memasak.

Suka Berekspriman Menu Masakan
Namun, dia suka bereksperimen membuat masakan dengan berbagai menu. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Dia sempat bekerja di salah satu restoran ternama di luar negeri, yaitu Micheline Star, Garance Saint Dominique di Prancis.

Dia juga sempat melakukan tur bersama chef Maxie Millian. Tur dengan tajuk Indonesian Food Tour itu dilakukan pada April 2017 dan diselenggarakan di Eropa untuk mengenalkan masakan Indonesia ke masyarakat Eropa. Tak tanggung-tanggung, tur ini diselenggarakan di beberapa negara terbaik di Eropa. Seperti di Spanyol, Praha, Belanda, hingga Slovakia.

Di sisi lain, Chef Renatta pun mengaku hampir bekerja di Selandia Baru. Setelah melepas pekerjaannya di Perancis, dia melamar pekerjaan di Selandia Baru. Saat itu Renatta bahkan sudah sempat tanda tangan kontrak.

“Waktu itu gue dapat pekerjaan di New Zealand, sudah ada kontraknya. Waktu itu memang gue pengin coba kerja di sana, sudah interview, sudah sampai video call-an sudah tanda tangan kontrak segala macam,” kata Renatta.

Renatta yang saat itu masih berada di Paris, harus bertolak ke Tanah Air untuk mengurus visa dan segala keperluannya. Namun sesuatu terjadi, hingga membuat Renatta tak bisa memenuhi panggilan kerjanya itu.

“Gue jadi harus pulang ke Jakarta karena ngurusin visa untuk New Zealand, sampai di sini pokoknya something wrong. Enggak bisa, jadi mereka enggak boleh mempekerjakan dari luar kalau kuota yang masih di dalam negeri masih cukup, jadi gue kan stuck di sini,” ujarnya sambil menambahkan harus merelakan kesempatan meniti karier di Selandia Baru.

Tetap Dijalur Bisnis Kuliner
Setelah kembali ke tanah air pada 2018, Renatta membuka bisnis kuliner yang digagas bersama aktris Laura Basuki. Restoran dengan nama Fedwell yang terletak di kawasan Senopati, Jakarta Selatan tersebut menyajikan beragam menu makanan sehat. Dia juga mulai menerima pekerjaan sebagai koki di beberapa private dining.

Setelah itu, barulah ia digaet untuk menggantikan posisi Chef Marinka dalam Masterchef Indonesia musim kelima. Ia berkesempatan mendampingi Chef Juna dan Chef Arnold di sana. Dia dikenal sebagai juri yang bersikap tegas kepada semua kontestan. Renatta mengakui kerap dinilai memiliki wajah yang judes oleh banyak orang. “Sekarang gue lebih murah senyumlah, dikatain judes sama satu Indonesia gue,” ujar Renatta.

Dia sama sekali tidak menyangka bakal jadi terkenal dan menjadi Celebrity Chef di Tanah Air. Awalnya, dia sama sekali tidak bisa menggambarkan perasaannya saat tampil di MasterChef. “Jujur waktu itu I have no clue how to feel karena itu kan sebelum MasterChef gue sama sekali belum pernah ada di TV,” jelasnya.

Menurut Chef Renatta, ada perbedaan yang dia rasakan ketika menjadi seorang celebrity chef. “Dulu belum tahu kalau gue ikut acara ini nanti ke karier gue kayak gimana, sekarang jadi lebih terbagi kerjanya, di restoran sama kerja jadi celebrity chef itu kan beda bidang total ya, itu beda dunia,” pungkas Chef Renatta. (goe)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *