Piaggio Rilis Sepeda Motor Listrik, Bodi Ramping Dibandrol Rp50 Jutaan

  • Whatsapp
Piaggio ONE yang meluncur via Tik Tok (Piaggio via antaranews).

GoEkspos.com – Perusahaan motor Italia, Piaggio, memastikan akan merilis motor listrik tahun ini. Melansir Visordown, sepeda motor bertenaga listrik itu akan hadir dalam dua pilihan. Yaitu Piaggio 1 dan Piaggio 1 Active. Perbedaan keduanya terletak pada baterai dan motor listriknya.

Piaggio 1 dibekali motor listrik bertenaga 1,2 kW yang mampu melaju dalam kecepatan hingga 43 km per jam. Motor listrik ini juga mampu menempuh jarak hingga 54 km. Sedangkan Piaggio 1 Active, dibekali motor listrik yang dapat berlari hingga 60 km per jam dan menempuh jarak 66 km dalam kondisi baterai penuh.

“Ini seperti menggunakan ponsel cerdas. Cukup colokkan maka daya baterai akan terisi,” tulis rilis Piaggio yang siap meluncurkan sepeda motor listrik itu.

Untuk pasar global, Piaggio 1 tersedia dalam beberapa pilihan warna. Mulai Forever Grey, Forever White, Forever Black, Sunshine Mix, Arctic Mix, sampai Forest Mix. Sementara soal tampilan, produk ini tampil ramping dengan sentuhan desain futuristik. Dan beberapa saat lalu pariwaranya pernah beredar di media sosial TikTok.

Harganya sendiri dipatok 2.500 Poundsterling Britania Raya (GBP) atau setara dengan Rp49,3 jutaan untuk Piaggio 1. Sedangkan Piaggio 1 Active dipatok 3.000 GBP atau setara Rp59,2 juta.

Konsorsium Pertukaran Baterai
Sementara itu, Piaggio Group, Honda Motor Co, Ltd, KTM AG dan Yamaha Motor Co, Ltd, resmi menandatangani perjanjian dalam pembuatan Konsorsium Baterai Sepeda Motor yang dapat ditukar (SBMC). Anggota pendiri konsorsium percaya bahwa ketersediaan baterai yang dikembangkan secara bersama dan dapat saling bertukar adalah kunci untuk pengembangan elektromobilitas yang memiliki tegangan rendah.

Langkah ini sekaligus sebagai cara untuk mempromosikan penggunaan secara massal kendaraaan listrik ringan, seperti moped, skuter, sepeda motor, sepeda motor roda tiga dan sepeda motor roda empat yang berada dalam sektor transportasi dan manajemen siklus hidup baterai yang lebih berkelanjutan dalam konteks kebijakan iklim internasional.

Tujuan yang mendasari konsorsium tersebut adalah agar ditemukannya solusi untuk kekhawatiran yang dimiliki oleh customer terkait masa depan elektromobilitas, seperti jarak tempuhnya, waktu pengisian daya dan infrastruktur, serta biaya yang nantinya akan dikeluarkan.

Semuanya akan dicapai sesuai dengan empat tujuan utama, yaitu pengembangan spesifikasi teknis yang umum pada sistem baterai yang dapat ditukar, konfirmasi penggunaan secara umum sistem baterai. Selanjutnya membuat dan mempromosikan, spesifikasi umum sebuah standar konsorsium yang berada dalam standardisasi badan Eropa dan internasional, serta kspansi penggunaan spesifikasi umum konsorsium hingga tahap global.

Melalui kerjasama erat dengan stakeholder dan negara, Eropa, serta badan standardisasi Internasional yang berkepentingan, para anggota pendiri konsorsium akan terlibat dalam menciptakan standar teknis internasional. Saat ini, ketersediaan stasiun pengisian daya masih bervariasi antar negara dan informasi yang tersedia masih sangat terbatas bagi end user.

Oleh karena itu, melalui konsorsium ini, Piaggio, Honda, KTM dan Yamaha bertujuan untuk melibatkan para pembuat keputusan dalam pengembangan dan penyebaran infrastruktur pengisian daya untuk memajukan peningkatan pada kendaraan listrik ringan.

Keempat dari anggota pendiri mendorong seluruh stakeholder yang berkepentingan untuk bergabung dengan kerja sama ini agar dapat memperkaya keahlian pada konsorsium dalam upaya terjaminnya difusi standar yang luas untuk standar baterai yang dapat ditukar. Pihak-pihak yang tertarik untuk bergabung bersama SBMC dapat menghubungi salah satu dari anggota pendiri terkait informasi lebih lanjut.

Kepala Strategi dan Produk Piaggio Group Michele Colaninno, mengungkap mobilitas perkotaan sedang melalui masa transisi yang menantang menuju elektrifikasi. Berkat konsorsium tersebut, yang diwakili oleh empat brand global besar, sepeda motor akan terus memainkan peran penting dalam konteks perkotaan.

“Baterai yang dapat ditukar memberikan jawaban yang tepat untuk mempercepat waktu pengisian ulang kendaraan yang menawarkan pilihan tambahan yang berharga bagi pengguna. Mobilitas perkotaan adalah bagian dari DNA dan sejarah Piaggio: tujuan kami adalah untuk membawa seluruh pengetahuan dan sikap teknologi kami untuk berinovasi kepada konsorsium,” tutur Colaninno.

Chief Officer, Motorcycle Operations, Honda Motor Co, Ltd. Yoshishige Nomura, menyampaikan Honda percaya bahwa adopsi sepeda motor listrik secara luas dapat memainkan peran penting dalam mewujudkan masyarakat yang lebih berkelanjutan.

CEO Pierer Mobility AG Stefan Pierer, menyebut penandatanganan perjanjian konsorsium ini merupakan langkah kunci untuk memastikan bahwa Pierer Mobility AG, dapat terus bergerak maju, menghadirkan inovasi dengan cepat dan memajukan visi strategisnya yang jelas untuk kendaraan roda dua bertenaga listrik.

Sedangkan, Senior Executive Officer, Chief General Manager of Land Mobility Business Operations, Yamaha Motor Co., Ltd. Takuya Kinoshita, mengatakan konsorsium Pertukaran Baterai Sepeda Motor di Eropa akhirnya siap untuk dijalani. Dia berharap langkah ini ke depannya akan jadi penerang untuk dapat menarik semua pihak yang memiliki pemahaman yang sama dengan visi dan misi mereka. (red)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *